Cara Cek LCD Monitor Rusak atau Tidak


Sekarang ini sudah banyak sekali orang beralih ke monitor LCD. Selain harganya hampir sama dengan monitor CRT, monitor LCD juga memerlukan tempat yang tidak begitu banyak seperti monitor CRT. Bagaimana jika monitor kamu tidak mau menyala? Jangan khawatir. Saya mempunyai beberapa langkah jitu untuk mengetes atau menguji monitor kamu masih bisa digunakan atau tidak.

Pertama yang harus dilakukan jika monitor kamu tidak menyala dan tidak ada indikator apapun yang tampak adalah memastikan apakah ada listrik menuju kabel power monitor LCD kamu. Kedua adalah mengetes pada ujung kabel power yang menuju monitor apakah terdapat arus listrik atau tidak, karena biasanya kabel power sering terputus di bagian dalam tanpa kita sadari. Ketiga, jika sudah yakin terdapat arus yang masuk namun tidak juga menyala, kamu patut curiga dengan rangkaian regulator di dalam monitor LCD kamu.

Saya memberi tips sedikit. Pada umunya tegangan untuk mainboard vga pada LCD monitor adalah 5 volt. Jika kamu ingin hanya menguji apakah board tersebut menyala atau tidak dengan asumsi regulkator telah rusak, kamu bisa lakukan pengujian dengan melakukan jumper tegangan menggunakan charger handphone. Disini saya menyarankan untuk menggunakan charger handphone nokia karena paling gampang dicari. Kamu hanya tinggal menghubungkan tegangan positif dan negatif ke board vga kamu dan melihat hasil menyalanya melalui led indikator.
Semoga bermanfaat...

.::Related Posts::.
 
Copyright © 2011. Cksclw blog . All Rights Reserved
Game Downloads | Software Downloads | Appstore for Android | Phones Accessories | Hardware Komputer| Google Adsense | Site Map
Template Design by o-om.com. Powered by blogger